Thursday, July 16, 2020

Pembuatan Kolam Beton Untuk Ternak Ikan Lele / Nila

ad300
Advertisement

Halo, halo. Di postingan terbaru kali ini saya akan sharing tentang pembuatan kolam beton untuk  ternak ikan lele atau nila. Dengan menghabiskan 400 bata lebih, 1 becak pasir dan 8 sak semen akhirnya kolam beton ini bisa ter-realisasi :p


Tahap awal adalah pembuatan langsung fondasinya ditambah penimbunan tanah sebagai alasnya agar lebih tinggi. Sisa-sisa batako, tanah yang tidak terpakai, pasir, dll saya taruh sebagai tanah timbunnya.
 

Nah, di sini juga sudah saya pasang pipa drainase (pipa pembuangannya) dari dalam dan dari luar kolam seperti gambar di atas. Nanti setelah semua jadi tingal kita semen dan aka kelihatan aslinya.

-------------------------------------------- KEESOKAN HARINYA ----------------------------------------------

Saya mulai menambah tinggi kolamnya, mungkin sekitar 3 batako lagi ke atas. Dan lanjut dalam pengadukan semen + pasir. Okey, mari kita kerjakan!





-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Yeay! Kolamnya sudah hampir kelihatan hasilnya :D ⇩ ⇩ ⇩



Penyemenan sudah saya lakukan dan kenapa saya tancapkan pipa pembuangannya dalam keadaan tersemen, ada yang tau gak? Yap, karena untuk mencetak lubang bulat di pipa pembuangannya. Jadi bentukan corong bulat pipa pembuangannya dalam keadaan tercetak sesuai ukuran pipanya. Nanti setelah semennya sudah kering/keras pipanya akan saya cabut.





Dan ini masih saya lakukan penyemenan kasar, bisa cek gambar di bawah ⇩ ⇩ ⇩ Nanti setelah kering akan saya timpa dengan semen halus. Dan setelah itu terjadi, maka pencaputan pipa akan segera dilakukan (bahasanya lebay :p)
 


---------------------------------------- KEESOKAN HARINYA LAGI -----------------------------------------

Yeay, yeay, yeay!! Akhirnya kolamnya sudah jadi :D Sudah saya tambahkan semen halus, semennya juga sudah kering dan pipanya juga sudah saya cabut. Inilah bentuk penampakannya ⇩ ⇩ ⇩










-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Okey, mungkin kolamnya akan saya biarkan selama 2-3 hari untuk memastikan semennya benar-benar kering. Dan setelah itu akan mulai saya lakukan pengisian air, rendam dulu selama seminggu, kuras, isi lagi, cuci pakai sikat, kuras lagi, lalu isi lagi, lalu mulai deh beternak. Wkwkwkwkwkwkwkwk. Okey semoga postingannya berkenan ya :)








-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jangan lupa cek videonya di youtube ya untuk lebih jelas, hhehe. Dan jangan lupa di like, komen & subscribe. Enjoy :)

Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 Comments: