Monday, August 09, 2021

Kuras Kolam Bibit Lele

ad300
Advertisement

Kondisi kolam sebelum dilakukan pengurasan.
Di postingan kali ini saya ingin sharing tentang kegiatan saya dalam melakukan pengurasan pada kolam bibit lele. Yup terhitung sudah 2 minggu lalu setelah masa penebaran bibit, dan sekarang terlihat air kolam sudah benar-benar kotor dan harus dilakukan pengurasan.
Kolam dalam masa pengurasan, air berkurang seperempat.
Kondisi kolam setelah hampir 90% airnya dikuras.
Seperti biasa saya menguras menggunakan pompa air biasa kapasitas 40 watt. Saya menguras sekitar 80-90% saja karena di samping untuk mengganti airnya, saya juga akan melakukan penyortiran pada bibit lele, mencari tau sudah sebesar apakah mereka sekarang.
Bibit lele dalam penyerokan.
Dalam penyortiran, ada beberapa ekor bibit lele yang ukurannya super jumbo.
Seperti di gambar bisa dilihat umurnya sama-sama 2 minggu, tapi ukurannya berbeda-beda. Sungguh mengherankan 😆
Setelah saya coba sortir sungguh ini bener-bener asli tapi nyata, ukuran bibit lele saya tidak merata semua padahal umur mereka sama. Hmm 😐 Bisa dilihat di gambar dengan sangat jelas ada ukurannya yang sangat kecil sekali, tapi ada juga ukurannya yang sangat besar sekali. Aneh banget ya 😚

Setelah saya telisik memang normal sebenarnya hal itu terjadi pada bibit lele kita. Bisa karena faktor genetik lele itu sendiri yang hormonnya bisa cepat besar, bisa juga karena faktor perebutan makanan  dengan temannya. Jadi istilahnya yang makan dia lagi dia lagi, yang lain gak kebagian 😊
Okey, setelah penyortiran selesai dilakukan. Kita masuk ke pengisian air kolam. 
Lelenya pada girang begitu masuk air baru 😝
 Okey deh, setelah penyortiran selesai dilakukan, kita isi kolamnya menggunakan air yang bersih nan segar. Itu membuat bibit lele kita sehat, senang, girang bahkan betah berada di kolamnya 😌

Yang penasaran videonya seperti apa bisa cek videonya di bawah. Enjoy 😅

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Share This
Previous Post
Next Post

Pellentesque vitae lectus in mauris sollicitudin ornare sit amet eget ligula. Donec pharetra, arcu eu consectetur semper, est nulla sodales risus, vel efficitur orci justo quis tellus. Phasellus sit amet est pharetra

0 Comments: