February 17, 2018

Persiapan Kolam Sebelum Tebar Bibit Lele

Dalam budidaya ikan khususnya budidaya lele, persiapan kolam sebelum tebar bibit ikan sangat penting untuk dilakukan, gunanya adalah agar tidak terjadi kematian massal saat pertama kali tebar bibit. Untuk itu dilakukan treatment (perlakukan khusus) pada air kolam supaya ikan merasa nyaman ketika pertama kali masuk kolam dan kita sebagai pembudidaya dapat mengurangi tingkat kerugian (kematian ikan) saat pertama kali tebar bibit.

Berikut ini adalah langkah-langkah persiapan kolam sebelum tebar bibit lele, bagaimana urutan pemberiannya, bahan-bahan apa saja yang digunakan, dan bagaimana penerapannya pada air kolam, dan lain sebagainya. Untuk itu mari kita simak di paragraf berikut.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
1. EM4
2. Molase
3. Garam krosok (garam kosong), dan
4. Kapur dolomit

Cara Penggunaan:

1. Campurkan 300 gram kapur dolomit (batu kapur) ke dalam baskom yang berisi 3 liter air. Aduk rata lalu saring, ambil airnya saja jangan ikut ampasnya. Setelah tersaring semua, maka selanjutnya lakukan penyiraman kapur dolomit yang sudah tersaring tadi ke seluruh sudut kolam secara merata. Setelah itu kita masuk ke nomor 2. 

2. Larutkan 3 sendok teh garam krosok dengan air sebanyak 1-2 liter. Aduk rata, kemudian siramkan merata ke setiap sudut kolam sama seperti di atas. 






KEESOKAN HARINYA...
 
3. Larutkan 1/2 liter molase (gula merah) yang sudah dicairkan ke dalam 2-3 liter air. Aduk rata. Kemudian siramkan merata ke setiap sudut kolam. Lakukan sampai tidak ada yang tersisa.





4.  Campurkan 40 mili EM4 dan 1/2 liter molase (air gula merah) ke dalam 3 liter air. Aduk merata. Lalu siramkan EM4 & molase tersebut ke setiap sudut dinding kolam. Sebagai catatan, 1 tutup botol EM4 sama dengan 10 mili. Jadi gampangnya jika kita membutuhkan 40 mili berarti sama dengan 4 tutup botol EM4. Lebih jelasnya bisa tonton videonya di bawah.


Okey, begitulah tata cara persiapan kolam sebelum tebar bibit lele. Sangat penting melakukan persiapan dini agar ikan tidak mati ketika pertama kali masuk ke kolam baru. Semoga artikelnya bermanfaat. Dan jangan lupa tonton video-video saya di youtube channel saya, dan terakhir salam sukses untuk kita semua. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment