March 9, 2011

Kota Ramah Bagi Para Pesepeda

Apakah Anda punya hobi bersepeda? Atau bahkan menggunakan sepeda sebagai alat transportasi utama sehari-hari? Yap, bersepeda akhir-akhir ini tidak lagi menjadi olahraga selingan di akhir pekan. Banyak di antara masyarakat kota besar mulai melirik olahraga tanpa mesin dan ramah lingkungan ini sebagai alat transportasi utama mereka.

Masalah yang lalu dihadapi pesepeda adalah kurangnya fasilitas bagi mereka. Mereka seringkali harus menggunakan jalan raya umum, bercampur dengan kendaraan lainnya. Ini tentu sangat berbahaya. Ancaman kecelakaan meningkat drastis. Namun, beberapa kota besar di Indonesia sudah menyediakan fasilitas khusus pesepeda, seperti, jalur khusus sepeda, halte khusus sepeda, dan lain-lain.

Nah, saya pun penasaran, kira-kira menurut pengguna Yahoo! Answers, kota mana saja sih yang menjadi surganya pesepeda? Berikut adalah hasil survei kecil-kecilan saya beberapa hari lalu.

* DI Yogyakarta.
Terpilih sebagai kota surganya pesepeda. Fasilitas yang disediakan pemerintah setempat untuk pesepeda dirasa begitu memanjakan mereka. Salah satu pengguna Yahoo! Answers, Faiq mengatakan, "Yogyakarta yg paling siap sarananya tuk para pesepeda. Trek di lampu merah, penunjuk jalan, sampai tempat parkir sepeda sudah ada. Komunitasnya juga cukup banyak, bahkan tempat nongkrongnya juga ada." Pengalaman saya pun mengatakan, memang Yogyakarta adalah kota yang begitu peduli kepada pesepeda.

* Kerinci, Jambi.
Kota selanjutnya yang dirasa paling bersahabat pada pesepeda adalah Kerinci, Jambi. Rahmat P mengungkapkan, "Banyak objek wisata dan panorama masih alami dan indah, jalan mulus dan tidak terlalu banyak kendaraan." Kota kecil yang dipenuhi panorama indah tentunya adalah dambaan semua pesepeda, bukan?

* Bontang.
Bontang juga menjadi pilihan salah satu pengguna Yahoo! Answers. Adalah Hary Ani yang mengikutsertakan kota di Kalimantan Timur ini sebagai salah satu surganya pesepeda di Indonesia. Ia berujar, "Bontang dari segi lingkungan tempatnya sangat nyaman banyak hutan, tempatnya bersih banyak taman."

* Jakarta.
Ternyata DKI Jakarta pun masih masuk hitungan. Ika Manang berpendapat bahwa pesepeda di Jakarta semakin menjamur. Terutama adanya Hari Bebas Kendaraan Bermotor yang jatuh setiap dua minggu sekali di jalan protokol, membuat semakin banyak masyarakat Jakarta menggandrungi sepeda.

* Takengon - Aceh.
Propinsi paling ujung di Pulau Sumatera, Aceh pun masuk daftar. Kata Chairuman, "Karena disana suasana sangat asri dan sangat baik bersepeda untuk menjaga kesehatan kita."

Yogyakarta ternyata menjadi kota pertama pilihan pengguna Yahoo! Answers sebagai surganya pesepeda. Nah, bagi Anda yang tinggal di luar 5 kota di atas, bagaimana fasilitas sepeda di sana? Apakah masih jauh dari harapan? Semoga nantinya fasilitas sepeda di semua kota bisa lebih ditingkatkan lagi.

Sumber: yahoo.com

No comments:

Post a Comment