May 29, 2010

Prancis Tuan Rumah Piala Eropa 2016



Jenewa - Prancis dipastikan menjadi tuan rumah untuk Piala Eropa 2016. Kepastian itu lahir menyusul kemenangan Prancis dari kandidat tuan rumah lainnya yaitu Turki dan Italia.

Disebutkan Reuters, peluang Italia menjadi tuan rumah terkikis setelah inspeksi dari UEFA terkait kesiapan negara tersebut mendapatkan tinjauan yang kurang mengesankan.

Sementara Turki belum pernah menjadi tuan rumah gelaran akbar semacam Piala Eropa sehingga UEFA mungkin enggan ambil risiko. UEFA memang telah belajar dari tersendat-sendatnya persiapan Polandia dan Ukraina yang jadi tuan rumah bersama Piala Eropa 2012.

Dengan keberhasilan ini, Prancis menjadi negara pertama yang bisa tiga kali menjadi tuan rumah Piala Eropa. Sebelumnya mereka sudah pernah menjadi tuan rumah di putaran final Euro 1960 dan 1984.

Gelaran Piala Eropa 2016 sendiri akan mengetengahkan 24 negara peserta yang memainkan total 51 laga selama sekitar satu bulan waktu penyelenggaran turnamen.

Untuk menjadi tuan rumah Piala Eropa 2016, Prancis sudah menggangarkan sekitar 1,7 miliar euro, yang 39 persen di antaranya datang dari investasi publik. Dari tinjauan UEFA terhadap bidding Prancis, sekitar setengah dari dana privat yang dibutuhkan sudah terpenuhi.

Kepastian menjadi tuan rumah Piala Eropa 2016 ini jelas disambut gembira oleh Presiden Prancis Nicolas Sarkozy yang hadir langsung dalam seremoni presentasi tersebut.

"Pemerintah Prancis mendukung dan menjamin semua yang kami janjikan bakal direalisasikan," kata Sarkozy di Yahoosports.

Ketua Federasi Sepakbola Prancis Jean-Pierre Escalettes menukas dengan berterima kasih kepada UEFA atas kepercayaannya. "Ini hari yang indah buat kami. Saya jamin kepercayaan ini takkan dikhianati."

Sumber: http://www.detiksport.com/sepakbola/

No comments:

Post a Comment