May 15, 2010

Atletico Juara Piala Eropa






Hamburg - Atletico Madrid keluar sebagai juara di edisi perdana Europa League. Di final, Kamis (13/5/2010) dinihari WIB, Atletico mengalahkan Fulham dengan skor 2-1 lewat babak extra time.

Dalam laga yang dihelat di HSH Nordbank Arena itu Diego Forlan menjadi pahlawan Atletico dengan memborong dua gol kemenangan timnya. Gol Fulham dicetak oleh Simon Davies.

Bagi Los Colchoneros, ini adalah trofi Europa League (dulunya bernama Piala UEFA) pertama dalam 71 tahun sejarah klub yang bermarkas di Stadion Vicente Calderon. Dan bagi Fulham kekecewaan mendalam karena gagal menghadirkan trofi tersebut dalam sejarah 131 tahun klub itu.

Atletico yang dilatih Quique Sanchez Flores itu punya kesempatan untuk meraih double winners musim ini andaikan menang di final Copa Del Rey kontra Sevilla 19 Mei.

Jalannya pertandingan

Pada menit ke-12 Forlan membuka peluang pertama setelah tendangan keras datarnya hanya menerpa tiang gawang Fulham. Dan Reyes empat menit setelahnya lewat sepakan kaki kirinya yang masih bisa ditepis Mark Schwarzer.

Fulham mencuri peluang di menit ke-20 setelah bola muntah hasil free kick Zamora dimanfaatkan Simom Davies lewat tembakan voli yang masih bisa ditangkap oleh David De Gea.

Atletico unggul lebih dulu di menit ke-32. Umpan pendek Jose Reyes ke Sergio Aguero langsung dimaksimalkan dengan tendangan ke arah gawang. Forlan yang berada di depannya menyentuh bola tersebut dan bobollah gawang Mark Schwazer.

Tak sampai lima menit berselang Fulham menyamakan kedudukan. Davies yang menerima crossing Zoltan Gera di tiang jauh melepaskan tendangan keras yang menghujam gawang De Gea.

Di babak kedua giliran Fulham yang pegang kendali permainan dan mendapat peluang pertama 10 menit setelah restart. Umpan silang Paul Konchesky disambut tendangan voli Davies yang memaksa De Gea melakukan penyelamatan atas gawangnya.

Tak banyak lagi peluang yang dihasilkan oleh kedua tim sehingga babak kedua masih berakhir dengan skor 1-1. Maka laga dilanjutkan ke babak tambahan waktu yang berlangsung 30 menit.

Atletico punya peluang emas pada menit ke-105 ketika akselerasi Forlan di sayap kiri mampu merangsek ke kotak penalti Fulham. Kemudian Forlan melepaskan umpan tarik yang gagal dimanfaatkan Aguero setelah sepakannya dari jarak dekat hanya menyamping.

Forlan! Penyerang asal Uruguay itu kembali jadi mimpi buruk untuk pertahanan Fulham. Pada menit ke-115 ketika crossing Aguero ke kotak penalti disambut Forlan dengan tendangan tumit dan bola yang sempat membentur kaki Brede Hangelang bergulir masuk ke gawang tanpa bisa dicegah Schwarzer.

Skor 2-1 pun bertahan hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan dan Atletico keluar sebagai pemenang.

Susunan pemain

Atletico Madrid: 43-David de Gea; 17-Tomas Ujfalusi, 21-Luis Perea, 18-Alvaro Dominguez, 3-Antonio Lopez; 19-Jose Antonio Reyes (14-Eduardo Salvio 78), 12-Paulo Assuncao, 8-Raul Garcia, 20-Simao Sabrosa (9-Jose Manuel Jurado 68); 7-Diego Forlan, 10-Sergio Aguero (2-Juan Valera 119).

Fulham: 1-Mark Schwarzer; 6-Chris Baird, 18-Aaron Hughes, 5-Brede Hangeland, 3-Paul Konchensky; 16-Damien Duff (10-Erik Nevland 84), 20-Dickson Etuhu, 13-Danny Murphy (27-Jonathan Greening 118), 29-Simon Davies; 11-Zoltan Gera; 25-Bobby Zamora (23-Clint Dempsey 55).

Sumber: http://www.detiksport.com/sepakbola/

No comments:

Post a Comment