November 23, 2009

Spurs Gilas Wigan 9-1







London - Tottenham Hotspur mungkin membuat Wigan Athletic merasakan mimpi terburuknya dalam sejarah klub itu. Spurs tak tanggung-tanggung menggilas Wigan dengan skor sangat mencolok 9-1, Minggu (22/11/2009) malam WIB.

Laga di White Hart Lane berjalan sembilan menit Spurs sudah unggul lewat gol Peter Crouch. Memaksimalkan umpan silang Aaron Lennon tandukan Crouch merobek jala Wigan yang dijaga Chris Kirkland. Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

Enam menit setelah restart Spurs menggandakan keunggulannya. Kali ini Jermain Defoe yang mencatat namanya di papan skor. Lennon kembali mengarsiteki gol tersebut setelah crossingnya ke kotak penalti langsung dihajar Defoe yang membuat bola bersarang di jala Kirkland untuk kedua kalinya.

Di menit k-54 Defoe kembali membuat pendukung Spurs bersorak sorai setelah umpan terobosan Wilson Palacios sukses diterima Defoe. Usai mengecoh satu pemain Wigan, striker timnas Inggris itu pun melepaskan tembakan terukur ke arah tiang jauh. 3-0 Spurs unggul.

Wigan bisa memangkas ketertinggalan tiga menit berselang lewat tembakan Paul Scharner di dalam kotak penalti meneruskan umpan Hugo Rodallega.

Namun tak sampai semenit sesudahnya Spurs kembali menjauh lewat hat-trick Defoe. Sebuah akselerasi Lennon di sisi kanan penyerangan diakhirnya dengan sebuah umpan kepada Defoe yang seketika langsung menghajar bola tanpa mampu dihadang Kirkland.

Setelah tiga kali jadi pengumpan buat rekannya, Lennon pun akhirnya membuat gol di menit ke-64. Crouch yang menguasai bola di dekat kotak penalti langsung mengumpan ke Lennon. Untuk kemudian winger lincah itu membawa bola ke dalam kotak penalti dan langsung menyepak si kulit bundar ke dalam jala Wigan, Spurs leading 5-1.

Defoe! Menerima umpan datar Vedran Corluka di menit ke-69, Defoe dengan sigap mengontrol bola tersebut dan sambil ditempel ketat seorang bek Wigan, Defoe menyepak bola tersebut dan gol! Nomor empat buat Defoe dalam laga ini.

Di menit ke-87 Defoe makin menggila dan mencetak gol kelimanya. Memanfaatkan kesalahan pemain belakang Wigan dalam mengantisipasi bola, Defoe dengan mudah mencocor bola ke jala Wigan.

Semenit sesudahnya free kick David Bentley memaksa Kirkland memungut bola untuk kedelapan kalinya dalam laga itu.

Dan itu masih belum cukup karena di masa injury time Niko Krancjar menegaskan kemenangan timnya menjadi 9-1. Skor itu pun menjadi skor terbesar kedua di satu pertandingan dalam sejarah Liga Primer Inggris yang dimulai sejak tahun 1992, setelah partai Portsmouth versus Reading pada 29 September 2007 yang berakhir 7-4.

Raihan gemilang itu membawa Spurs menjejaki posisi empat klasemen dengan 25 poin dari 13 laga yang telah dimainkannya. Sementara itu Wigan terpuruk di tangga ke-15 dengan 14 angka.

Susunan pemain

Spurs: Gomes, Corluka, Dawson, Woodgate, Assou-Ekotto (Bassong 82'), Lennon (Bentley 79'), Huddlestone, Palacios (Jenas 84'), Kranjcar, Defoe, Crouch.

Wigan: Kirkland, Melchiot (Cho 86'), Bramble, Boyce, Edman, Thomas (Gomez 68'), Diame, N'Zogbia, Scharner, Rodallega, Scotland.

Sumber: http://www.detiksport.com/sepakbola/

No comments:

Post a Comment