November 10, 2009

Ritonga Tidak Mundur Sementara

Jakarta: Jaksa Agung Hendarman Supandji menjelaskan, pengunduran diri mantan Wakil Jaksa Agung Abdul Hakim Ritonga tidak dalam rangka verifikasi Tim Pencari Fakta independen kasus Bibit Samad Rianto dan Chandra Hamzah, dua pimpinan nonaktif Komisi Pemberantasan Korupsi, seperti yang dilakukan mantan Kabareskrim Komisaris Jenderal Susno Duadji. Ritonga mengundurkan diri demi nama baik institusi Kejaksaan Agung.

Hal itu diutarakan Hendarman Supandji pada rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (10/11). Hendarman mengaku, dirinya sedih mendengar pengunduran diri Ritonga. Pasalnya, tidak jelas apa salah pejabat di Gedung Bundar itu.

Meski begitu, kata Hendarman, pihaknya mengambil hikmah atas kejadian tersebut. "Pak Ritonga saja bisa memberi suri tauladan, saya juga harus bisa. Walau mata saya tidak menangis, tapi hati saya menangis. Pak Ritonga mengundurkan diri demi kepentingan institusi," ujar Hendarman.

Soal gaji jaksa, Hendarman menyatakan, gaji para penegak hukum sangat kecil. Di sisi lain, ia meminta para jaksa menegakkan disiplin. "Mereka protes, kami diminta menegakkan disiplin tapi kok gaji kami kecil. Lalu saya bilang, saya tidak bisa sendiri memperjuangkan kesejahteraan jaksa karena bisa mati berdiri. Justru yang bisa memperjuangkan itu bapak-bapak di DPR," kata Hendarman.

Sumber: Metrotvnews.com

No comments:

Post a Comment